Sabtu, 17 Maret 2012

Karena Privasi Facebook Adalah Segalanya

Sering kali, kadang-kadang, jarang sekali (yang mana satuh sih yang bener?) kita lihat di berita si A masuk penjara karena menghina sekolah dan guru-guru`na lewat status Facebook. Si B digebukin massa karena menghina Pak RT lewat status Facebook, si C di gigit anjing karena nyebut" si anjing di status Facebook`na. Hampir semua yang buruk-buruk bisa terjadi lewat Status, Comment, Post,dan segala macam yang bisa kita post di Facebook.

Secara tidak sadar, apa yang kita post-kan, apa yang kita ungkapkan dalam status Facebook kita, postingan kita bisa dilihat oleh beberapa --sampai semua orang yang kita kenal maupun tidak, baik postingan itu baik ataupun buruk. Pengalaman Saya, satu kali pernah ditegur salah satu pembina Pramuka saya. Waktu itu saya menyebutkan nama suatu perusahaan perminyakan. Namun saya melesetkan nama perusahaan tersebut. Ntah kenapa saya tertuduh secara tidak sengaja menjelekkan nama perusaan tersebut. Padahal saya tidak ada menuliskan suatu nama perusahaan atau instansi apapun kedalam status Facebook Saya, namun hanya "pelencengan pengucapan" sedikit dari nama suatu instansi tersebut. Lebih gampangnya, Tidak Pada Sasaran. Dan yang jelas, ini masalah PRIVASI Account Facebook Anda.

Oke, dari beberapa (sejenis) ilustrasi di atas, Saya akan bagikan Anda bagaimana Anda dapat mengatur Privasi Facebook Anda. Mau Lihaaat? Teruskanlah. . .



Sebelumnya, ada setting dimana teman" Facebook Anda akan di kelompokkan menjadi 2 bagian. Yaitu Kenalan dan Teman Dekat. Nah beda`na, Opsi Kenalan hanya seperti teman biasa pada umumnya di Facebook. Sedangkan Teman Dekat adalah opsi yang bisa mengetahui aktivitas oleh yang dilakukan teman Anda, seperti ia meng-update status, men-upload foto, dan sebagainya. Settingan itu terdapat pada di profil teman Anda, pas dibawah Photo Cover Facebook Teman Anda.

1. Setting-an Privasi Status Facebook

Menu Pull-down ini terdapat pada Status box disebelah tombol Post. Nah apa sajakah perbedaan`na?
  1. Teman dari Teman, fungsi opsi ini memungkinkan status Anda dapat dilihat oleh teman dari teman anda sendiri. Jika digambarkan, Lingkup`na agak luas. Bayangkan saja jika 1 teman Anda memiliki 300 teman, padahal Anda memiliki 300 orang teman, jadi kalikan 300 x 300 = 90.000 orang yang dapat melihat Status Anda. 
  2. Teman, Opsi ini memungkinkan hanya teman anda yang dapat melihat status Anda. Tidak Lebih.
  3. Teman Selain Kenalan Opsi ini adalah dimana hanya Teman Dekat Anda yang dapat melihat Status Anda. Privasi Anda sedikit lebih terjaga.
  4. Hanya Saya, udah tahu dong apa yang terjadi jika Anda memilih opsi ini?
  5. Khusus, opsi ini kita bisa mensetting, siapa-siapa saja yang bisa melihat status Anda, Atau yang tidak bisa melihat status Anda. Dengan opsi ini kita lebih mudah mengontrol orang" yang memantau status kita. Perlu diingat, jika sudah menentukan orang yang tidak dapat melihat status Anda, hanya teman-teman selain yang anda "tuliskan" namanya dalam kotak pengecualian yang dapat melihat status Anda.

Nah itu sebatas postingan pada status. Seharusnya Anda lebih mengoptimalkan privasi anda pada menu Privasi Akun di menu pull-down Facebook disamping Home. Dan jikalau saya membahas gambar dibawah ini, Saya rasa bakal bosan Anda membaca postingan ini. :)




Oke, Saya rasa segini dulu postingan Saya. Pembaca Blog yang baik adalah Pembaca Blog yang selalu meninggalkan comment dan masukan pada blog ini maupun yang lain. :)

Comments
0 Comments

0 Masukan:

Posting Komentar