Rabu, 18 Juli 2012

Preview Windows 8 Consumer Preview

 
Hari ini cuaca di Pulau Sambu dan sekitarnya tidaklah menentu. Sesekali hujan, dan sesekali reda. Sekarang (jam 11.49 WIB) langit telah menunjukkan keceriaannya. Dan bisa diprediksi, kegalauan langit pun akhirnya mereda.

Namun, kita tidak sedang membahas kegalauan langit, Saya mencoba memberitahukan bocoran tampilan Windows 8. Telat banget? Iyaa, kemarin cuma make di Virtualbox yang memang sangat kurang bagus kinerjanya dengan menggunakan Laptop Saya yang berprosessor AMD Brazos dengan Memory 3 GB.
Seperti yang Saya katakan, Saya ingin membahas tampilan dan sedikit fitur Windows 8. Sebenarnya Windows 8 telah di umumkan tahun 2011 lalu pada event Consumer Electronics Show di Las Vegas, Microsoft mengumumkan bahwa akan mensertakan dukungan untuk System-on-(a)-chip (SoC) dan mobile prosesor ARM di Windows 8.

Jika mendengar SoC, Saya berpikir bahwasannya Windows 8 hanya untuk Tablet PC yang memang menggunakan Chip pada hardwarenya. Namun, dunia berkata lain saat Saya menginstalLnya di notebook Saya sendiri. Namun. . .

Menu Log In
Menu Log in pada Windows 8 kelihatannya memang diharuskan User utama (User yang pertama kali dibuat) harus menggunakan Password. Kebetulan gak bisa di screenshot, jadi yah gak ada screenshot. Btw, tampilannya emang oke kok, serba baru dr Windows 7.

Start Menu
Setelah memasukkan Password, kita Langsung disuguhkan Menu Start. Kenapa?
Jawabannya nanti di bawah ini.
Btw, tampilan yang disebut Metro Style memang sangat menarik. Ada Horizontal Bar dibawah untuk menggeserkan tampilan Menu Start. Jikalau kita membayangkan OS ini diinstal pada Tablet PC, akan Lebih mudah dengan menggeserkan diatas Layar.

1 Lagi, cobalah mengklik satu icon, dari 5 sisi yang berbeda, kiri, kanan, atas, bawah, dan tengah. Lihatlah perbedaan interfacenya.

Desktop
Dari Start, klik Desktop untuk beralih.

Nah, ada perbedaan? Ya, Tombol Start Ludes dimakan Ikan Cupang diatas. Hehehe. . .
Kenapa sih ada Ikan Cupang desktop`na? Setelah melihat blog teman Saya yang mengenalkan Mie Aceh Lewat blognya, Saya mengert. Bahwasannya Windows 8 Consumer Preview adalah OS Beta alias coba-coba. Jika kita mengetahui Bahasa Inggrisnya Ikan Cupang yang berarti Betta Fish, maka kita akan mengerti kenapa setiap ada release OS versi Beta ada ikan Cupang alias Ikan Laga.

Oh ya, Startnya kemana?
Oke, tesis Saya, masih dengan menggunakan Tablet. Sebagian, setiap Tablet PC minimal ada 2 tombol di bawah layarnya layaknya sebuah Smartphone. Nah, dari sana, kita tinggal menyentuh tombol tersebut untuk membuka suatu menu. Dari pemikiran ini, Saya beranggapan bahwa Windows 8 akan lebih apik untuk Platform PC Tablet.

Pojok kiri bawah Desktop ini juga menunjukkan hal yang sama, namun ia memunculkan 5 menu, yaitu Search, Share, Start, Device, dan Setting. Untuk mencari Control Panel, Klik Setting > Control Panel.

PC Setting
Apa ini?
Menu ini bisa kita dapatkan di Start > Nama User yang aktif  > Change Account Picture. Fungsinya mengatur settingan sebagian kecil Windows seperti User, Privacy, maupun Windows Update. sebenarnya semua bisa kita temui Lewat Control Panel.

Music Player
Pasti Windows Media Player? Lhoo!


Jujur, selama pake Windows 8 gak pernah nemuin yang namanya Windows Media Player, malah gak tau nih apa namanya music playernya. Hehehehehe . . .
Tampilannya yah seperti itu, tetep, dengan Icon yang gede-gede, bakal lebih apik di device yang berlayar sentuh.

Semua aplikasi yang ada pada menu Start, hanya merupakan Application Preview saja. Mungkin jikalau Windows 8 benar-benar release, akan ada peningkatan featurenya baik di OS maupun Aplikasinnya.

Photos
Aplikasi yang memang disediakan untuk melihat-lihat foto. Kita juga bisa mengakses kumpulan foto kita yang ada di Facebook, Flicker, mau pun di penyimpanan awan, SkyDrive. Tetep deh, enakan pake Tablet buat ngeliat-liat fotonya.


Kesimpulan
Windows 8 merupakan generasi Windows terbaru yang dapat di integrasikan di berbagai Platform seperti PC, Tablet, maupun Smartphone. Setelah mereview interface maupun aplikasinya, kebanyakan memiliki Icon yang lumayan besar-besar dan transisi pergeserannya pada Start Menu memang cocok jika digunakan pada Tablet maupun Smartphone. Setidaknya, bagi Anda yang kurang nyaman dengan tampilan ini di komputer Anda, ada baiknya menggunakan Windows versi sebelumnya.
Comments
0 Comments

0 Masukan:

Posting Komentar