Rabu, 31 Oktober 2012

Sejarah Kyou_IzuVauzi Sign di RocketSub


Pada awaL`na, iseng" temenku download Kamen Rider OOO - Shogun 21 Core Medal yang direLease oLeh MaDeSu. Melihat efek karaoke dan efek Core Medal`na KR OOO yang dibuat MaDeSu secara atraktif. Hingga Aku penasaran bagaimana membuat efek-efek itu.



Nah, setelah menonton KR Movie tersebut, belum ada ketertarikan untuk mendalami dunia fansub (dan waktu itu Saya bener" tidak tahu kaLau ada yang nama`na Fansub itu) hingga kami mendownload Serial Kamen Rider OOO dan Kamen Rider Fourze. Ditengah serial Kamen Rider Fourze sedang airing, hatiku tergerak untuk juga mencoba membuat Subtitle. Nah, LaLu ku cari deh di Google dengan Keyword "Aplikasi Membuat Subtitle". Dan karena banyak pilihan diantara hasiL Google tersebut, Aegisub yang paLing banyak dipakai para Fansuber baik dari dalam maupun Luar Negeri.

Setelah dapet tuh aplikasi, Aku mencari tutorial dan cara" mengoperasikannya. Hontou ni, butuh 1-2 bulan aku bisa mengerti 40% cara timing, cara memasukan subtitle, cara membuat Karaoke paLing "hina" di Aegisub, gonta-ganti style, dsb deh. Yang jelas Aku sudah bisa menguasai dasar-dasarnya, jadi aku mulai tertarik membuat sebuah fansub. (yang jelas buat fansub abal).

Ide membuat Fansub berbuah pahit karena kekurangan pengetahuan tentang apa" yang harus ada dalam sebuah fansub. Aku hanya berdua dengan temanku, kami sama" buta tentang Aegisub. Sumpah! Jadi aku menyerah sampai" aku hiatus dalam membuka program Aegisub itu.

Sering" aku main" di Page MaDeSu, aku melihat banyak Fansub Indo (ada juga yang dari Malaysia kayak CT3-Fansub) yang 67%`na mengusung Anime untuk menjadi bahan Fansub`na, sisa`na yah Tokusatsu kayak Kamen Rider, Tokumei Sentai, dll. Kepikiran untuk masuk menjadi anggota salah satu Fansub, 1 per 1 aku telusuri fansub yang membuka lowongan kerja. Jadi aku terlihat layaknya mencari lowongan pekerjaan. Dan . . .

Dalam Page Rocket-Sub, ada lowongan sebagai Typesetter, Encoder, dan Translator waktu itu. Di tengah terik panas`na matahari di bulan Ramadhan LaLu, aku mencoba mengklik sebuah link yang memang ditujukan untuk mendaftarkan diri. Di Page Indowebster (Selanjutnya IDWS), Aku melihat berita yang inti`na Typesetter kecelakaan, sehingga proyek`na terhambat. LaLu dari situ aku berniat untuk magang menjadi typesetter disana.

Namun apa yang terjadi, dhachan_kun, si Editor yang waktu itu aku tidak tahu kalau dia lah yang kecelakaan, ternyata merangkap menjadi Typesetter. Sungguh, aku tidak tahu apa".

Dan aku menawarkan diri untuk bekerja sama di RocketSub, dhachan_kun selaku editor menerimaku yang waktu itu sudah lumayan mahir untuk mengoperasikan Aegisub. Namun aku menolak untuk mejadi benar" Full Typesetter, karena banyak hal-hal yang belum aku kuasai, semisal membuat efek karaoke --sampe sekarang. Si dhachan_kun meminta ID IDWS, lalu Kepikiran nick yang Kugunakan ialah Kyou_IzuVauzi. Kyou, adalah nama yang kugunukan kaLau didunia maya, Izu, dari kata Izumi, dimana itu kuambil dari ID Gemscoolku yang ber-nick Kyou_Izumi, dan Vauzi, itu nama ku sendiiri. :3

Setelah perjalanan panjang, aku telah resmi menjadi bagian dari RocketSub sebagai (magang) Typesetter, debutku dimulai saat serial Tokumei Sentai Go-Buster Episode 23.

Kunjungi blog RocketSub : www.rocketsub.cc.cc

Comments
0 Comments

0 Masukan:

Posting Komentar